Manfaat dan cara membuat kondisioner Alami dari Lidah Buaya





dulurdeso.blogspot.com
Assalamuaikum wr wb teman-teman semua, dalam artikel kali ini saya akan membagikan cara untuk membuat kondisioner alami untuk merawat rambut kita. Tanaman Lidah Buaya ini dikenal masyarakat sebagai tanaman yang ajaib karena memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan memiliki sifat penyembuhan. Tanaman ini berasal dari Afrika Utara, Madagaskar dan jazirah Arab. Meskipun saat ini banyak ditemukan di berbagai belahan dunia. Lidah buaya pada dasarnya dihargai karena sifat penyembuhannya. Lidah buaya telah digunakan sebagai penyembuh dalam luka bakar, infeksi kulit, penyakit pencernaan seperti sembelit, mulas. Bisa juga menyembuhkan nyeri sendi dan ke kakuan yang berhubungan dengan arthritis. Berikut manfaat dan cara membuat kondisioner alami dari lidah buaya :
1.      Mencegah Rambut Rontok
Salah satu manfaat paling penting dari Lidah Buaya adalah untuk pencegahan rambut rontok dan juga untuk merangsang pertumbuhan rambut. Enzim-enzim yang terkandung dalam Lidah Buaya berfungsi sebagai stimulator pertumbuhan rambut.
2.      Mengatasi Rambut Berminyak
seringkali kita jumpai banyak orang yang mengeluh karena mereka menderita rambut berminyak, nah dengan memanfaatkan lidah buaya kita juga dapat mengobati penyakit tersebut. Gel Lidah Buaya dapat bertindak sebagai astringent alami yang dapat menghilangkan minyak berlebih pada rambut. Caraanya dengan menambahkan beberapa tetes jus Lidah Buaya pada sampo ketika sedang membasuh rambut.
3.      Mengontrol Ketombe
Lidah Buaya dapat membantu mengontrol Ketombe berlebih pada rambut kita. Ketombe adalah salah satu masalah umum yang dialami oleh masyarakat. Cara pengaplikasiannya adalah dengan terapkan gel atau jus Lidah Buaya pada Kulit kepala sebelum mandi, diamkan selama setengah jam kemudian bilas hingga bersih.
4.      Kondisioner Alami Rambut
Masalah rambut rontok, Rambut Kering dan ketombe berlebihan adalah masalah yang sudah sering kita jumpai sekarang ini. Apalagi dengan tingkat polusi yang meningkat dan juga nutrisi yang buruk juga menjadi salah satu penyebap rambut yang kurang sehat. Proses pewarnaan dan penggunaan rias yang berlebihan juga dapat menyebabkan rambut menjadi kurang sehat. Lidah Buaya dengan banyak manfaat dapat menjadi Kondisioner alami yang dapat memnyehatkan rambut kita.
5.      Mengatasi Seborrahea pada Kulit Kepala
Seborrahea adalah suatu kondisi yang ditandai dengan sekresi sebum yang berlebihan. Kelebihan sebum atau minyak yang bercampur dengan kotoran dapat membentuk kerak pada Kulit Kepala, yang dapat merusak Folikel Rambut. Seborrahea adalah penyebab rambut rontok dan ini juga dapat dicegah dengan menggunakan Lidah Buaya, namun jika gejalanya sangat parah harus meminta saran dari dokter jangan hanya mengandalkan Lidah buaya.

CARA MEMAKAI LIDAH BUAYA UNTUK RAMBUT
Bahan :
-          Gel Lidah Buaya (secukupnya)
-          Minyak Atsiri
-          1 Jerus Nipis
Alat :
-          Mangkuk
-          Pisau atau cutter
Cara pembuatan :
1.      Potong Jeruk nipis menjadi dua bagian, kemudian peras kedalam mangkuk.
2.      Tambahkan Gel Lidah Buaya kedalam mangkuk.
3.      Tambahkan beberapa tetes Minyak Atsiri sesuai selera, kemudian Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
4.      Cuci atau bilas rambut dengan sampo alami atau organic kemudian bilas rambut hingga bersih
5.      Kemudian aplikasikan campuran Lidah Buaya dan minyak atsiri, fokuskan campuran tersebut di bagian kulit kepala dan juga ujung rambut.
6.      Biarkan selama kurang lebih 5-10 menit. Kemudian bilas menggunakan air bersih.
Sekian pembahasan dalam artikel saya kali ini, jika ada salah kata saya mohon maaf terimaksih dan wassalamualaikum wr. wb.
Baca Juga : Cara Praktis Membuat Ekstrak Lidah Buaya
                   

Comments

Popular posts from this blog

rumus lengkap massa jenis zat padat

Rumus Lengkap massa jenis Zat Cair

Cara kerja Lidah Buaya dalam mengobati jerawat