Cara Efektif untuk menanam lidah buaya



dulurdeso.blogspot.com
Menumbuhkan tanaman Lidah Buaya memang mudah tetapi menjaganya untuk tetap hidup dan tumbuh besar adalah perkara yang sulit. tak seperti tanaman sekulen ( tanaman yang batang daunya berdaging tebal dan menyimpan banyak cadangan air) dan kaktus, menanam lidah buaya dari daun memang sulit. Kemungkinan kecil lidah buaya mengeluarkan akar dan tumbuh menjadi tanaman yang sehat. Oleh karena itu kebanyakan pekebun lidah buaya menggunakan anakan lidah buaya karena memberikan keberhasilan yang lebih besar.

   1.      Metode pertama ( menanam dari daun)
-          Kita harus faham bahwa kemungkinan besar daun Lidah Buaya tidak dapat mengeluarkan akar dan tumbu. Kemungkinan daun lidah buaya tumbuh sangatlah kecil, hal ini dikarenakan daun lidah buaya memiliki tingkat kelembapan yang sangat tinggi sehingga cenderung membusuk sebelum bisa mengeluarkan akar.
-          Carilah dan potong daun lidah buaya yang memiliki panjang daun minimal 8 cm.
-          Potonglah daun menggunakan pisau yang tajam dan bersih, usahakan untuk memotongnya mengarah kebawah kearah batang. Pisaunya harus sangat bersih sehingga daun tidak terinfeksi dan tidak mudah membusuk.
-          Letakkan daun lidah buaya tadi di yempat yang kering dan bersih hingga membentuk lapisan tipis pada potongan. Lapisan tipis tersebut berguna untuk mencegah infeksi daun lidah buaya ketika bersentuhan dengan tanah. Daun lidah buaya yang terinfeksi tidak akan bertahan hidup dalam waktu yang lama.
-          Siapkan pot atau media tanam, berilah lubang pada bagian bawah pot agar air dapat mengalir keluar dan tidak terbendung dalam pot. Lidah buaya memang menyukai air, namun tidak suka jika airnya menggenang. Apabila pot yang anda gunakan tidak mempunyai lubang, maka tanahnya akan tetap basah. Ini bisa mengakibatkan akar lidah buaya akan membusuk dan akan mati.
-          Setelah itu isi pot dengan tanah kering dan pupuk secukupnya. Tancapkan daun lidah buaya sehingga seakan-akan daun lidah buaya Nampak berdiri. Taruh ditempat kering dan siramlah rutin setiap hari. Ketika daun lidah buaya sedang menumbuhkan akar, jangan khawatir jika daun lidah buaya mongering dan keriput.

   2.      Metode kedua (menaman dari anakan)


-          Carilah anakan darilidah buaya utama, anakan biasanya berukuran lebih kecil dari induk dan berada di sekitar induk atau disekitar pangkal.
-          Carilah anakan yang cukup besar sehingga ketika dipindahkan dan ditanam kembali tidak mudah mati.
-          Cabut anakan dari tanah dengan hati-hati sehingga akarnya ikut tercabut.
-          Biarkan tanah disekitar akar ikut, kemudian letakan anakan tersebut kedalam pot yang telah disiapkan. Jangan lupa untuk memberi pupuk sebelum menanam anakan lidah buaya.
-          Taruh dibawah sinar matahari dan jangan lupa untuk menyiramnya setiap hari.

Berikut ini tips untuk memulai berkebun tanaman lidah buaya :
-          Pastikan pisau yang anda gunakan benar-benar steril sehingga daun lidah buaya yang anda tanam tidak mudah membusuk dan mati.
-          Sepertihalnya tanaman yang lain tanaman lidah buaya tumbuh kearah matahari, jadi sahakan tanaman lidah buaya berada tepat dibawah sinar matahari sehingga tanamannya tidak tumbuh kesamping.
-          Jika anda tinggal didaerah dingin maka tanamlah lidah buaya didalam ruangan dan jika anda tinggal didaerah panas maka tanamlah lidah buaya diluar ruangan.
-          Lidah buaya yang ditanam dalam ruangan tidak akan bisa tumbuh dengan maksimal, sehingga usahakan menanamnya diluar ruangan.
-          Jika ada daun lidah buaya yang mati maka singkirkanlah dengan memotongnya menggunakan pisau yang steril, sehingga tidak membuat daun yang lain membusuk dan mati.
-          Jangan terlalu banyak menyiram tanaman ini, tunggu hingga tanaman benar-benar kering baru siramilah.
-          Berhati-hatilah ketika akan memanen daun lidah buaya yang berukuran besar karena diantaranya memiliki duri yang sangat tajam.
Baca Juga : Cara Kerja Lidah Buaya dalam Mengobati Jerawat
                   Penggunaan Lidah Buaya dalam Mengobati Jerawat

Comments

Popular posts from this blog

rumus lengkap massa jenis zat padat

Rumus Lengkap massa jenis Zat Cair

Cara kerja Lidah Buaya dalam mengobati jerawat