Keunikan Rumah Adat di Indonesia


            Dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa rumah adat yang ada di Indonesia. Beberapa rumah adat memiliki keunikannya sendiri-sendiri, dan fungsinya tersendiri. Berikut penjelasannya silahkan baca dengan seksama :

   1.      Rumah adat Nanggroe Aceh Darussalam




         Rumah adat Krong bade merupakan rumah adat provinsi Aceh. Rumah ini dikenal dengan sebutan rumah rumoh Aceh. Ciri khas rumah Krong bade adalah mempunyai tangga didepan rumah yang digunakan sebagai jalan masuk kedalam rumah. Pada umumnya rumah ini mempunyai jumlah anak tangga yang ganjil. rumah adat krong bade mempunyai bentuk persegi panjang dan dibuat memanjang dari arah timur kebarat. Dinding rumah terbuat dari kayu dan dihiasi dengan lukisan. Atap rumah adat krong bade terbuat dari daun rumbia serta lantainya terbuat dari bamboo atau enau. Hampir 100% material penyusunnya berasal dari kayu, adapun cara pembuatannya dengan cara angwur atau sembarangan. Rumah ini juga digunakan sebagai acara ritual seperti hari baik, upacara kenduri dan pemeliharaan material. Ini hanya dilakukan dan hanya untuk mendapatkan rumah yang nyaman untuk ditempati.


   2.      Rumah Adat Sumatra Utara





Rumah Bolon merupakan salah satu rumah adat Sumatra utara. Rumah adat ini dibagi menjadi  beberapa jenis, antara lain rumah Bolon Simalungun, rumah bolon Toba, rumah Bolon Karo, rumah Bolon Mandailing, rumah Bolon Angkola dan rumah Bolon Pakpak. Salah satu jenis rumah Balon tersebut ini sangat dipengaruhi dengan kearifan dan kondisi alam Sumatra utara yang terlihat cukup luas. Ciri khas rumah Bolon adalah bentuknya yang menyerupai panggung yang terdiri dari beberapa tiang bergaris tengah yang menjadi penyangganya.jika dilihat dari atas rumah balon akan membentuk segi empat, bentuk inilah yang bias menjadi ciri khas dari semua jenis rumah bolon. Dinding rumah Bolon dihiasi dengan ornamen khas simalungun yang berwarna merah, putih dan hitam. Ornament ini menggambarkan kosmologis dan filosofi budaya suku batak.


   3.      Rumah Adat Provinsi Riau





Rumah adat Melayu Selaso adalah salah satu rumah adat yang berasal dari provinsi riau. Ciri khas rumah adat ini adalah memiliki kolong atau biasa kita sebut dengan sebutan rumah panggung. Terdiri dari beberapa tiang dengan bentuk persegi panjang. Selain itu rumah adat selaso jatuh kemar mempunyai ukiran melayu seperti lebah bergayut, selembayung, pucuk rebung dan lain-lain. Selaso jatuh kembar sendiri mempunyai makna rumah yang memiliki dua selaso yang artinya lantai rumah lebih rendah daripada ruang tengah.


   4.      Rumah Adat Jambi







Rumah adat Kajang Leko adalah salah satu rumah adat khas Jambi, rumah adat ini terbuat dari bahan kayu dan terbagi menjadi 8 ruangan. Berikut penjelasan dari ruangan-ruangan tersebut :
1.      Ruang pertama berfungsi sebagai tempat istirahat, bias juga digunakan sebagai tempat menyimpan air.
2.      Ruang kedua digunakan sebagai serambi depan yang berfungsi untuk penerimaan tamu khusus laki-laki.
3.      Ruangan ketiga digunakan sebagai serambi dalam yang berfungsi sebagai tempat tidur anak laki-laki.
4.      Ruangan keempat yang berfungsi sebagai kamar pernikahan atau kamar pengantin baru.
5.      Ruangan kelima digunakan sebagai tempat tidur, hanya untuk anak perempuan yang belum menikah.
6.      Ruangan keenam laren yang digunakan untuk menerima tamu perempuan.
7.      Ruangan ketujuh yang akan digunakan sebagai tempat memasak makanan dan juga tempat menyimpan air.
8.      Dan ruangan terakhir ruangan kedelapan yang akan digunakan untuk dapur dan untuk memasak makanan.
  

   5.      Rumah Adat Sumatera Selatan



Rumah Adat sumatera selatan biasanya dikenal atau disebut dengan sebutan rumah limas. Dengan  penamaan tersebut dapat kita simpulkan bahwa rumah tersebut berbentuk limas, dan dari segi arsitekturnya juga terlihat seperti sebuah limas atapnya. Karena rumah adat sumatera selatan memiliki lantai yang bertingkat, dan dengan bentuk atap yang hampir sama dengan limas. Padahal rumah limas ini memiliki luas 400 sampai 1000 meter. Bangunan ini akan didirikan diatas tiang kayu ulin yang cukup kuat dan tahan air. 

sekian pembahasan tentang beberapa Rumah Adat yang ada di Indonesia semoga tulisan ini dapat menambah wawasan kita semua. baca juga : cara operasi bilangan pecahan


Comments

Popular posts from this blog

rumus lengkap massa jenis zat padat

Rumus Lengkap massa jenis Zat Cair

Cara kerja Lidah Buaya dalam mengobati jerawat